Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Friday, January 05, 2007

Mengapa muka kita tidak merinding?

Bersyukurlah dengan kenyataan bahwa muka kita tidak merinding. Ini salah satu dari sedikit hal yang membedakan kita dari simpanse.

Hanya kulit di bagian tubuh yang berambut yang bisa merinding. Tujuan rambut tubuh berfungsi melindungi tubuh dari hawa dingin. Namun bila rambut kita tidak menyediakan insulasi yang cukup, otot-otot kecil di bagian bawah tiap bulu mengencang sehingga rambut di daerah itu berdiri.

Pada hewan berambut, rambut-rambut yang berdiri itu membentuk semacam perlindungan. Dengan cara ini udara dingin bisa terperangkap sehingga tidak merambat sampai ke kulit yang lembut. Oleh sebab itu rambut melindungi hewan dari hawa dingin.

Walaupun manusia telah kehilangan sebagian besar rambut mereka, kontraksi otot yang sama masih terjadi dalam upaya melindungi diri dari hawa dingin. Namun bukannya rambut yang berdiri, yang terbentuk adalah tonjolan-tonjolan pada permukaan kulit, yang biasanya digunakan untuk membuat rambut berdiri, namun rambutnya sendiri sudah tidak ada. Ketika singa jantan sedang marah, atau terganggu oleh hawa dingin, rambut-rambutnya yang berdiri tegak membuatnya kelihatan menyeramkan. Sementara itu, apabila kejadian yang sama dialami oleh manusia, paling-paling kulit di lengan kita yang menjadi tampak mengerikan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home