Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Wednesday, January 03, 2007

Bagaimana dan mengapa kuda tidur sambil berdiri?

Kuda memiliki keunikan untuk sistem saling mengunci antara ligamen-ligamen dan tulang-tulang pada kaki mereka. Sistem ini berfungsi seperti dongkrak yang menopang bobot mereka tanpa peregangan sebab dalam keadaan demikian otot-otot mereka betul-betul santai. Oleh sebab itu, kuda tidak harus mengerahkan energi dengan sengaja untuk berdiri - kaki mereka saling mengunci dalam posisi yang tepat selama tidur.

Kebanyakan kuda hampir selalu tidur sambil berdiri, tetapi pola mereka berbeda-beda. Bukanlah sesuatu yang tidak normal jika kuda berdiri terus-menerus sampai satu bulan atau lebih. Meskipun kuda berat namun memiliki tulang relatif rapuh, berbaring dalam satu posisi untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kejang otot.

Meskipun orang hanya bisa menebak-nebak mengapa tubuh kuda mengalami evolusi seperti ini, kebanyakan pakar percaya bahwa kuda liar tidur berdiri demi pertahanan diri. Dalam kehidupan liar, cara utama kuda dalam melindungi diri adalah lari dengan cepat dari hewan pemangsa mereka. Mereka jelas lebih aman sewaktu sedang berdiri, dalam arti mereka lebih mudah kabur sewaktu mengalami serangan mendadak dibandingkan bila mereka berbaring santai seperti sapi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home