Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Thursday, January 04, 2007

Mengapa kulit di ujung-ujung tangan dan kaki keriput sehabis mandi?

Berlawanan dengan kelihatannya, sehabis mandi kulit kita bukan mengerut, melainkan sesungguhnya memuai.

Kulit di jari tangan, di telapak tangan, di ibu jari kaki, dan di telapak kaki mengerut setelah jenuh oleh air (berlama-lama di dalam air di kolam renang akan menghasilkan efek serupa). Stratum corneum - lapisan kulit tebal, mengandung zat tanduk, dan tidak memiliki saraf yang berfungsi melindungi kita dari lingkungan sekitar serta membuat telapak tangan dan kaki lebih kuat, lebih tebal daripada kulit pada perut atau wajah. Lapisan kulit ini memuai ketika terendam lama dalam air. Pemuaian itulah yang menimbulkan efek keriput.

Lalu mengapa kulit di bagian lain tubuh tidak keriput ketika jenuh dengan air? Sebenarnya semua kulit memuai, namun di tempat lain tersedia ruang lebih banyak untuk menyerap air sehingga efek keriput tidak sampai terjadi. Seorang dokter mengatakan bahwa tentara yang kakinya terlalu lama memakai sepatu bot basah menunjukkan keriput di seluruh bagian kaki yang tertutup sepatu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home