Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Wednesday, January 03, 2007

Apakah kegunaan bola di ujung tiang bendera?

Bola yang berada di ujung tiang bendera kadang-kadang digabungkan dengan mekanisme untuk menaikkan dan menurunkan bendera, tetapi kalaupun ada, itu biasanya hanyalah kebetulan belaka. Yang sangat mengejutkan, ternyata bola di puncak tiang bendera itu murni dekoratif.

Sebenarnya benda mirip bendera yang pertama kali dikenal dalam peradaban manusia adalah benda-benda simbolik berbentuk hewan atau apapun yang dipasang di ujung tongkat atau tiang. Agar tidak sepi, belakangan orang memasang beberapa helai pita di bawahnya sebagai hiasan. Belakangan keduanya bertukar fungsi karena pita-pita dekorasi tersebut digantikan dengan secarik kain yang bernama bendera dengan rancangan yang berfungsi sebagai penyampai pesan, sementara ujung tiang menjadi hiasan, entah berbentuk bola, mata tombak, atau burung garuda.

Tiang bendera kurang indah tanpa hiasan di atasnya. Mata tombak tidak begitu bagus pada tiang yang diam, sedangkan burung garuda, meskipun menarik, lebih mahal daripada bola atau mata tombak. Untuk tiang bendera yang dibawa-bawa, ujung berupa mata tombak bisa membahayakan orang lain, sedangkan ujung berbentuk hiasan burung garuda mudah patah kalau terjatuh. Dengan demikian, tongkat bendera berujung bola selain aman juga cukup indah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home