Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Wednesday, January 03, 2007

Mengapa air laut berwarna biru sedangkan air keran bening?

Cahaya putih terdiri atas semua warna baik primer maupun sekunder dalam spektrum. Tiap warna dibedakan dari tingkat penebaran dan penyerapan cahaya masing-masing. Ketika cahaya matahari menyentuh air laut, sebagian di antaranya diserap sedangkan sisanya ditebarkan ke semua arah sehabis bertumbukan dengan molekul-molekul air.

Ketika cahaya matahari menyentuh air yang jernih, cahaya merah dan inframerah terserap dengan cepat sedangkan cahaya biru agak lambat. Cahaya biru kehijauan dapat ditransmisikan ke dalam, kemudian ditebarkan, dan ditransmisikan kembali ke luar dari air tanpa diserap. Pada waktu cahaya mencapai bagian laut dengan kedalaman 10 fathom (kira-kira 18 meter) sebagian besar cahaya merah telah terserap.

Mengapa air keran tidak tampak berwarna biru? Guna mendapatkan efek biru, air harus memiliki kedalaman setidaknya tiga puluh meter. Dalam gelas air tidak cukup banyak untuk menyerap cahaya, termasuk cahaya merah; akibatnya air di situ tampak tak berwarna.

Jadi jika kedalamannya lebih dari 30 meter, air keran akan tampak biru di bawah cahaya matahari.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home