Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Wednesday, January 03, 2007

Mengapa semua tempat praktik dokter gigi baunya sama?

Bau yang ditangkap indra penciuman kita adalah "bau campuran minyak-minyak esensial yang sering digunakan oleh dokter gigi dalam proses pengobatan." Banyak minyak ini berasal dari alam atau produk olahan dari bahan-bahan sintetis yang bisa juga terdapat di rumah kita. Sejumlah obat gigi mengandung kamper, bahan berbau menyengat sama seperti yang dipakai untuk mengusir ngengat, sedangkan lainnya bisa turunan bahan-bahan yang ditemukan di rak bumbu dapur : thyme dan cengkeh.

Bau yang paling mencolok di ruang praktik dokter gigi, yang membuat kita mengatakan bahwa semua ruang praktik dokter gigi mengeluarkan bau sama, barangkali adalah eugenol, cairan tak berwarna atau berwarna pucat yang merupakan bahan esensial dalam minyak cengkeh. Dokter gigi memadukan larutan minyak cengkeh atau eugenol dengan suatu campuran antara rosin dan seng oksida untuk menyiapkan protective pack sehabis pembedahan gusi atau sebagai semen temporer. Eugenol juga digunakan sebagai antiseptik, terutama dalam terapi pengeboran dan penambalan gigi, dan sebagai anodin (penghilang rasa nyeri). Cairan mudah menguap ini juga digunakan dalam bahan campuran untuk tambalan sementara, bahan impresi, dan bahan olesan sesudah operasi periodontal.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home