Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Friday, January 12, 2007

Mengapa donat berlubang?

Asal muasal yang pasti tentang mengapa donat memiliki lubang di tengah masih menjadi misteri dan topik ini masih kontroversi. Tidak ada jawaban yang pasti, hanya beberapa orang memberikan pandangan yang kebetulan hampir senada.

Kue yang digoreng sudah ada hampir di setiap budaya. "Donat prasejarah" - kue goreng berlubang yang sudah membatu - telah ditemukan di antara artefak-artefak peninggalan sebuah suku Indian primitif. Kendatipun demikian para pemukim asal Belanda di Amerika biasa dihubungkan dengan kepopuleran kue goreng (tak berlubang) di Amerika, yang mereka sebut "kue berminyak" atau olykoeks. Kue goreng menjadi populer di New York dan New England sehingga kedai-kedai yang mengkhususkan diri menyajikan penganan ini bersama kopi yang baru diseduh segera bermunculan. Di tahun 1673, toko pertama yang menjual kue goreng siap santap dibuka oleh Anna Joralemon di New York.

Sosok laki-laki yang biasanya dikaitkan dengan "penemuan" lubang donat betul-betul tidak memiliki urusan dengan kue - seorang kapten pelaut bernama Hanson Gregory. Alkisah, Kapten Gregory sedang memegang kemudi di anjungan kapalnya, dan baru akan memakan sepotong kue goreng, ketika badai mengancam. Gregory terpaksa menggunakan kedua belah tangannya untuk mempertahankan arah kapal. Secara spontan ia menghunjamkan kue yang sedang dipegangnya ke salah satu jari-jari roda kemudi. Terkesan dengan kreasinya, Gregory menyuruh koki kapal membuat roti goreng dengan lubang tepat di tengah.

Banyak legenda lain yang juga beredar seputar asal-usul donat berlubang. Seseorang dari Plymouth, Massachusetts, mengajukan teori bahwa donat berlubang pertama diciptakan ketika di abad ketujuh belas, seorang pahlawan Indian mabuk menembakkan panahnya ke sebuah jendela dapur. Di sana anak panah itu menembus adonan yang siap digoreng, tepat di tengahnya. Lucu juga cerita dari Plymouth ini.

Entah dari mana pun asal-usul lubang dalam kue donat, para ahli kue tidak sepakat soal peran lubang donat dalam membuat donat bermutu. Tentu saja, donat yang baik dapat dibuat tanpa lubang di tengahnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home