Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Friday, January 12, 2007

Mengapa kertas koran bisa dirobek lebih rata ke arah vertikal dan menjadi kasar apabila dirobek ke arah horizontal?

Kertas koran dibuat menggunakan bermacam-macam bahan dari serat kayu. Serat-serat ini ditemnpatkan ke dalam mesin pencetak kertas dalam bentuk pulp, yang terdiri atas 80 hingga 90 persen air - kertas koran mengering sewaktu masih dalam mesin. Mesin cetak dirancang sedemikian sehingga serat benda dalam posisi horizontal agar kertas tidak mudah robek ke arah vertikal.

Tujuan dasar membariskan serat dalam satu arah semata-mata untuk memperkuat lembaran kertas ketika pencetakan sedang berjalan. Semua surat kabar ukuran standart dicetak secara vertikal pada lembaran kertas koran yang sudah tidak tergulung. Robekan pada satu lembar saja akan membahayakan seluruh proses pencetakan, terutama dalam kaitannya dengan uang dan waktu.

Dengan kata lain, surat kabar yang dihasilkan memiliki serat yang searah, sebagaimana sepotong daging atau sehelai kain. Apabila kita merobek surat kabar ke arah vertikal (vertikal baca), kita merobek mengikuti serat, atau lebih tepatnya, di antara serat-serat. Prinsip yang sama juga berlaku sewaktu merobek daun pisang. Kita lebih mudah merobek ke arah satu arah dibanding ke arah lain.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home