Tanya kenapa?

Punya pertanyaan seputar kehidupan sehari-hari yang sulit dijawab? Bingung mau bertanya kemana? Anda dapat mencari jawabannya disini!

Monday, January 08, 2007

Mengapa baterai lebih cepat habis jika kita mengatur volume radio keras-keras?

Sebuah perusahaan baterai telah melakukan riset yang membuktikan hal ini. Mereka menguji sebuah pesawat radio boom box dua kaset buatan sebuah pabrik besar yang bekerja menggunakan daya dari 6 buah baterai ukuran D. Dari setelan kontrol volume paling rendah sampai paling tinggi, daya yang diperlukan untuk mengaktifkan perangkat itu meningkat tiga kali lipat. Peningkatan kebutuhan daya ini tampak langsung dari umur baterai yang hanya sepertiga pada volume maksimum dibanding ketika kontrol volume dipasang nol. Daya lebih banyak itu diperlukan untuk mengaktifkan pengeras suara.

Sebagai perbandingan, untuk pemutar kaset stereo personal (jenis portabel), peningkatan arus bila kontrol volume dinaikkan dari nol ke maksimum hanyalah 30%. Untuk perangkat ini umur baterainya cuma berkurang 30%.

Radio saku juga akan melahap setidaknya 200 persen muatan energi baterai lebih banyak pada setelan volume paling keras dibanding pada setelan paling pelan. Radio-radio kecil pun memiliki penguat audio yang memerlukan daya. Sebuah perangkat stereo rumahan mungkin memerlukan daya sebesar 55 watt sedangkan radio saku hanya dua ratus miliwatt, tetapi prinsip yang berlaku sama - makin besar kebutuhan daya, makin banyak baterai yang harus disediakan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home